Panduan Singkat Merancang Filter Kolam Ikan Koi

Panduan Singkat Merancang Filter Kolam Ikan Koi. Sistem filter pada kolam ikan koi ini sangat dibutuhkan bagi para penghobi ikan hias jenis koi. Karena,memelihara ikan koi memang menjadi salah satu hobi yang cukup populer di berbagai belahan dunia tak terkecuali di Indonesia. Ikan koi ini biasanya banyak dipelihara di dalam kolam. 

Panduan Singkat Merancang Filter Kolam Ikan Koi

Nah,berbicara tentang kolam koi, ternyata ada berbagai jenis tipe kolam yang mana sangat tergantung dari jenis ikan koi itu sendiri. Dari beberapa jenis kolam koi tersebut diantaranya adalah jenis kolam  dalam, kolam dangkal, maupun kolam alami.

Pada umumnya jenis kolam ikan koi ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar batu bata atau bisa juga dengan  cor beton yang kuat dan kokoh,dengan berbagai macam bentuknya. 

Salah satu kunci sukses peternak ikan koi adalah menciptakan suasana kolam ikan koi dengan kejernihan pada airnya. Kondisi kolam ikan koi ini sangat mempengaruhi kehidupanikan  koi. Ikan koi ini yang memiliki kolam dengan air jernih dan bersih akan lebih leluasa untuk berenang dan bebas akan tekanan dan tidak mudah membuat ikan koi menjadi stress.

Untuk anda yang ingin mengetahui lebih jelas tentang filter ikan koi,silahkan klik disini

Jika anda masih bingung tentang cara memilih dan memahami sistem filter kolam koi yang tepat, mungkin sedikit pembahasan pada artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan jenis filter mana yang anda kehendaki. 

Namun,akan tetapi apapun jenis kolam koi yang anda punya atau yang akan anda buat, hal yang terpenting dari kolam koi adalah adanya sistem filter kolam koi. Sistem filter kolam koi ini sangat penting agar dapat menjaga kesehatan ikan koi dan juga membuat air tidak semakin keruh yang disebabkan oleh sisa sisa makanan,atau kotoran lain. Panduan Singkat Merancang Filter Kolam Ikan Koi

Prinsip Pembuatan Filter Kolam Ikan Koi

Kehidupan ikan yang berada di alam bebas, sungai misalnya, kondisi pada air mengalir ini akan membuat air terus menerus mengalir dari mata air yang jernih. Hal ini lah yang membuat supply oksigen yang diperlukan oleh ikan senantiasa tercukupi tanpa ada sedikit kekurangan.

Di dalam kolam buatan, sama sekali berbeda keadaannya. Kita harus benar-benar mengupayakan agar oksigen di dalam air kolam berada dalam jumlah yang mencukupi.

Hal ini disebabkan karena ikan koi merupakan jenis ikan yang wajib membutuhkan oksigen,yang mana fungsi utama oksigen selain memberikan udara segar pada kolam juga dapat membantu proses pencernaan pada ikan koi.

Membuat bottom drain atau pembuangan bawah.

Sebagian besar kolam yang sudah jadi atau yang sudah siap untuk buidaya ikan koi,pada umumnya telah memiliki adanya saluran pembuangan di bagian bawah. Hal ini ditujukan agar mempermudah dalam membersihkan kotoran yang jatuh ke bagian dasar kolam. Teknik Pembuatan Filter Kolam Ikan Koi

Sistem Filtrasi Air Pada Filter Kolam Koi

Tidak seperti jenis ikan arwana yang mana dapat dipelihara di dalam aquarium, jenis ikan koi ini umumnya dipelihara di dalam sebuah kolam yang cukup besar dan luas,lalu di dalam kolam inilah ikan koi hidup secara berkelompok, dari mulai makan hingga membuang kotoran.

Filter pada kolam koi yang baik adalah yang terbagi dalam 2 bagian, yaitu filtrasi yang bersifat biologis yang mana berfungsi untuk mengorganisir adanya bakteri aerobik (nitrifikasi) yang nantinya akan secara maksimal dapat memecah komponen kimia di dalam limbah/kotoran ikan.

Yang kedua adalah adanya sistem filtrasi Mekanis, yang mana dengan adanya sistem filtrasi mekanis ini  untuk membasmi bagian limbah fisik seperti kotoran ikan, daun kering, serangga mati dll.

Kotoran ikan koi ini juga bukan hanya menghasilkan limbah fisik saja,namun juga menghasilkan limbah kimia, maka dari itu adanya sistem filtrasi pada kolam ikan koi ini diperlukan,dan juga seharusnya dirancang secara profesional dan terjamin agar dapat secara signifikan dapat menangani kedua masalah tersebut.

 

About The Author

Add Comment