Jual Kubah Masjid Ganting, Padang

Bangunan jual kubah masjid di Indonesia telah menyebar di tiap-tiap lokasi. Bila berkunjung ke Indonesia serta lakukan perjalanan di beberapa wilayahnya, spesial buat kaum muslim begitu gampang temukan tempat melaksanakan ibadah. Tidak bingung sebab di Indonesia sendiri memang sebagian besar penduduknya beragama islam. Diawali dari masjid paling besar, paling tua sampai masjid termegah banyak dipunyai oleh Indonesia ditambah lagi berbagais ejarah yang dipunyai tiap-tiap pembangunan masjid itu. Serta diantaranya masjid yang begitu populer di Pulau Sumatera ada di Padang yakni dengan nama masjid Ganting.

Masjid Ganting persisnya ada di Jalan Ganting No. 3 Kelurahan Ganting Selatan Kecamatan Padang Timur Kota Padang Sumatera Selatan. Masjid Ganting sendiri jadi daya tarik buat beberapa jamaah serta pengunjung yang ada di lokasi itu atau dari lokasi luar. Sebab masjid ini adalah masjid paling tua yang berdiri di kota Padang. Awalannya dibuat masjid Ganting juga mempunyai tujuan supaya menjadi fasilitas pemersatu 8 suku yang berada di Kota Padang. Diluar itu masjid Ganting sempat jadi satu pusat gerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 yang lalu.

Pembangunan masjid Ganting diawali seputar tahun 1700. Saat itu pembangunannya bertepatan dengan dibuat pelabuhan Ema Heaven atau yang sekarang ini diketahui dengan nama pelabuhan Teluk Bayur. Kehadiran jual kubah masjid ini juga pada akhirnya bisa penuhi awal dari dibangun masjid. Yakni menjadi fasilitas pemersatu ke 8 suku yang ada di Padang. Semenjak awal dibuat, masjid Ganting belum pernah dikerjakan pemugaran dengan besar-besaran. Cuma sempat dikerjakan menambahkan bangunan jual kubah masjid persisnya di bagian depan masjid bertambah menjadi panjang 20 mtr.. Lalu semenjak tahun 1950 pengendalian masjid Ganting ada dibawah Pemda kota Padang serta diserahkan pada penduduk Ganting untuk mengatur serta masjid paling tua di Padang itu. Dengan ketelatenan serta kedisiplinan yang tinggi, penduduk Ganting tetap menjaga serta mengatur masjid Ganting dengan baik jadi tidak bingung bangunan masjid itu masih tetap berdiri kuat walau usianya sangatlah tua.

Disaksikan dari sisi bangunannya, masjid Ganting memilii design bergaya Eropa. Hal itu tampak dari kontruksi jual kubah masjid dengan bentuk tumpang. Sebab masjid ini sangatlah lama dibuat serta dimaksud sebagai masjid kuno jadi tidak bingung bila disaksikan dari bangunannya mempunyai denah persegi panjang dan mempunyai serambi pada bagian depan serta bagian samping ruangan penting. Diluar itu ada pun satu mihrab serta pagar yang melingkari masjid itu dengan satu pintu penting. Di Indonesia sendiri umumnya bentuk tumpang itu cukuplah bermacam-macam yakni dari mulai 2 tingkat sampai 7 tingkat. Sedang masjid Ganting memililki jumlahnya tingkat sekitar 5. Bila berkunjung ke masjid Ganting janganlah kaget cuma sebab masjid itu tidak seperti dalam masjid moderen yang banyak dibuat pada sekarang ini. Tetapi bangunan masjid itu masih dipertahankan serta selalu dilesatarikan mengingat menjadi riwayat terdapatnya satu masjid yang sudah dibuat semenjak jaman dulu.

 

interior masjid raya ganting

Masjid Ganting sendiri berdenah 42 x 38 mtr. dengan fondasi masjid yang terbuat dari batu serta semen. Sedang tembok bangunannya terbuat dari bata. Saat masuk masjid Ganting jadi pengunjung akan temukan beberpa ruang, seperti ruangan penting, ruangan serambi masjid, mihrab serta mimbar. Tiang penyangga masjid itu sejumlah 25 buah dengan bentuk segienam berdiameter 40 cm serta tingginya sampai 4.2 mtr.. Tiang itu polos tanpa hiasan apa pun serta terbuat dari beton. Diluar itu jual kubah masjid ini mempunyai satu kubah dan diperlengkapi dengan dua menara. Walau usianya sangatlah lama,akan tetapi masjid Ganting selalu dilestarikan oleh penduduk seputar

About The Author

Add Comment