Jual Ikan Koi Memahami Ikan Sushui, Si Koi nan Cantik

Ikan shusui ialah satu di antara tipe ikan koi yang memiliki kekhasan sendiri. Dulunya, ikan ini kali pertamanya didapatkan dengan cara perkawinan silang pada karper kaca dari negara Jerman dengan Asagi-Sanke. Perkawinan yang ditangani oleh Yoshigori Akiyama di th. 1910 ini, menghasilkan jual ikan koi tipe baru, waktu lalu disebut Shusui.

 

Ikan Shusui

Morfologi Ikan

Ikan cantik ini memiliki sisi yang makin besar dibanding tipe koi yang lainnya, dan berkulit lembut. Kecantikannya ditambah lagi warna biru gelap pad apunggung, dan ujung hidung, perut, lipatan sirip dan perutnya berwarna merah. Keindahan yang lainnya bisa dilihat waktu ikan ini dilihat dari atas. Tampak sisi-sisik yang tersusun rapi dan memanjang pada punggungnya. Bagian kepala tanpa cela, bersih, bercorak kemerah-merahan simeteris.

 

Memperbedakan Shusui

Jual ikan koi Shusui pun memiliki beberapa varietas. Hana Shusui memiliki keunikan kulit berwarna baru dan ada tanda merah yang ada di garis sisik pada perut dan punggungnya. Lainnya kembali dengan Hi-Shusui yang beberapa besar punggungnya tertutup oleh warna merah. Sekejap Shusui kuning bercirikhaskan hijau gelap sampai ungu pada punggungnya. Tipe ini lantas diberinama Ki-Shusui. Ki-Matsuba-Doitsu, di sisi lainnya, memiliki warna punggung hampir kehitaman, tidak seperti Ki-Shusui yang punya wara ungung dan hijau. Untuk Shusui dengan warna keperakan pada sisik punggungnya, mereka disebut Pearl Shusui.

 

Tips Pilih Shusui

Banyak pengagum ikan tipe jual ikan koi, terpenting Shusui membuat mereka mesti berhati-hati dalam pilih Shusui yang baik dan sehat. Pada dasarnya, trik dan tips pilih ikan tipe Shusui sama waktu memiliki ikan Asagi karena kemiripannya yang demikian dekat. Perihal pertama yang bisa dilihat lewat cara jelas yakni sisiknya. Sisik ikan ini hanya diketahui di saat punggung. Warna sisik ini biru indigo atau nila. Agar selalu dapat mendapatkan ikan yang baik, beberapa hal lainnya yang butuh dicermatai yakni skema sisi yang di punggung. Sisi punggung mesti tampak rapi, memanjang dari bawah kepala sampai punggung. Jika dapatkan ini di market, perhatikan jika sisiknya harus rapi dan rapat, dalam artian tidak ada celah. Sisik ikan Shusui pun hanya ada di saat punggung. Tidak ada sisi yang lainnya yang akan diketahui. Jika ada, jadi ikan itu membuka Shusui tapi Mudagoke.

 

Tips Perawatan

Ukuran ikan koi yang besar membuat ikan koi lebih cocok dirawat di kolam semen. Ikan ini memerlukan ruang yang luas sampai bisa bebas. Tapi, Shusui tetaplah bisa dijaga di dalam akuarium dengan biaya yang lumayan besar. Pertama, ukuran akuarium harus besar. Minimal, dimensi akuarium harus mempunyai ukuran 1. 5x1x0. 5 mtr.. Optimistis akuarium ataupun bak tidak diserang sinar matahari atau UV karena bisa menyebabkan warna ikan jadi pucat. Air harus selalu bersih dan memiliki pH baik yaitu pada 6. 5-8. 5. pH baik akan jadi tempat yang baik untuk perubahan jual ikan koi.

About The Author

Add Comment