Jika anda mencari teman yang manajer bank mungkin dengan anda membaca bagaimana cara berteman dengan manajer bank semua informasinya lengkap disana dan disajikan secara menarik sehingga tidak membosankan saat dibaca dan mudah untuk dipahami.

Anda dapat memiliki produk terbaik, kantor paling mewah, lokasi terbaik, tetapi kecuali Anda adalah bisnis ‘berfokus pada pelanggan’, semua ini tidak ada artinya, Anda tidak akan pernah benar-benar mencapai ketinggian yang layak Anda dapatkan.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk membangun bisnis yang berfokus pada pelanggan, dan bukan di dalam bisnis?

<b> Bangun Gairah dan Komitmen </ b>

Blok bangunan pertama adalah semangat dan komitmen. Ini adalah batu fondasi dari bisnis yang berfokus pada pelanggan. Tanpa semangat dan komitmen, struktur yang akan Anda bangun di atas akan menjadi lemah dan rentan runtuh pada tanda stres pertama.

Semangat dan komitmen harus datang dari Anda dan staf Anda. Anda semua harus benar-benar percaya pada konsep pelanggan yang menjadi pusat dari semua yang Anda lakukan. Dari saat Anda masuk ke dalam pekerjaan, setiap orang harus melakukan apa saja untuk memuaskan pelanggan.

Sebagai orang kunci dalam bisnis apa yang dapat Anda lakukan untuk membangun semangat dan komitmen? Memimpin dari depan dan memberi contoh. Simpan konsep di bagian atas agenda dan tunjukkan dalam semua yang Anda lakukan. Terus berbicara tentang itu. Rayakan semua contoh hebat untuk menempatkan pelanggan sepenuhnya dalam fokus.

<b> Bangun Proses di Sekitar Pelanggan Anda Bukan Bisnis </ b>

Semua bisnis besar telah dengan jelas menetapkan proses tentang cara menyelesaikan sesuatu. Apakah Anda memiliki Manual Proses formal atau Panduan Referensi Cepat, yang menetapkan proses Anda, prosedur yang jelas memberikan keyakinan dan kejelasan bagi staf Anda dan pelanggan.

Tetapi jangan hanya membangun proses Anda untuk mempermudah Anda, buat mereka membuat semuanya lebih mudah bagi pelanggan. Lihatlah setiap langkah dalam proses dan tanyakan pada diri Anda, “Bisakah kita melakukan sesuatu untuk membuatnya lebih mudah bagi pelanggan untuk berbisnis dengan kita?” Apakah ada langkah-langkah yang dapat disempurnakan atau bahkan dihilangkan bersama-sama? Jadilah ingin tahu, berani dan menantang!

<b> Bangun Hubungan </ b>

Membangun hubungan dengan pelanggan Anda adalah inti dari model yang berfokus pada pelanggan. Bangun hubungan yang kuat dan kuat dan Anda akan memiliki pelanggan seumur hidup. Dasar dari membangun hubungan adalah A.B.C. – Selalu Berkomunikasi. Berikut adalah beberapa gagasan untuk membangun hubungan yang abadi dan menguntungkan melalui ABC:

• Buatlah titik untuk secara berkala menelepon pelanggan Anda. Siapkan sistem buku harian untuk memberi Anda pengingat atau perintah reguler. Hubungi mereka bahkan jika Anda tidak menjual apa pun! Mungkin konsep yang aneh tetapi Anda tidak pernah tahu apa yang akan keluar dari percakapan

• Terbitkan buletin triwulan yang memberi tahu mereka tentang produk terbaru Anda, apa yang telah Anda rencanakan untuk masa depan, profil pelanggan, berita tentang karyawan baru. Temukan apa saja yang akan menarik dan pada saat yang sama mengikat Anda berdua lebih dekat

• Buatlah suatu titik saat percakapan apa pun untuk mencari tahu tentang bisnis yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Sisihkan semua fakta menarik dan pikirkan bagaimana Anda dapat menggunakannya di masa depan. Bayangkan betapa kuatnya ketika Anda bertanya bagaimana ide yang mereka sebutkan dalam percakapan terakhir Anda akan terjadi!

• Lakukan hal-hal yang mengesankan. Kirim kartu ulang tahun atau ulang tahun ke kontak kunci Anda, ucapan terima kasih yang sederhana untuk berbisnis dengan kami, kirim artikel atau potongan koran, yang menurut Anda akan menarik bagi mereka

<b> Bangun Budaya ‘Ingin Tahu’. </ b>

Jika Anda ingin membangun reputasi sebagai pelanggan yang terfokus, Anda harus berusaha mencari tahu secara teratur apa yang mereka inginkan dari Anda. Hal ini dapat dicapai dengan panggilan telepon informal atau survei yang lebih formal melalui surat atau email. Cari tahu apa yang mereka sukai dari bisnis Anda, apa yang tidak mereka sukai dan perubahan apa yang ingin mereka lihat.

Setelah mengumpulkan semua informasi, saran, dan ide, buat rencana tindakan untuk ditindaklanjuti. Setelah Anda bertindak atas saran yang dapat dikerjakan, hubungi lagi pelanggan dan beri tahu mereka apa yang telah Anda lakukan sebagai tanggapan atas komentar mereka. Ini akan menunjukkan bahwa Anda telah mengambil ide-ide mereka dengan serius dan benar-benar peduli tentang apa yang mereka pikirkan. Benda yang kuat!

Menjadi pelanggan yang terfokus dapat sangat bermanfaat dan membantu dalam membangun bisnis yang hebat. Langkah mana yang akan Anda praktikkan hari ini? Ingat ini – biarkan pelanggan menjadi fokus Anda dan Anda akan menjadi fokus mereka.