Beberapa Cara Untuk Perawatan Koi Sakit

Beberapa Cara Untuk Perawatan Koi Sakit

Menjadi anda yang mempelihara koi, anda tentu saja ingin supaya situasi kesehatan koi-koi anda tetap terbangun dengan baik. Akan tetapi walau kolam anda telah terpasang sistem filtrasi yang baik untuk mengawasi supaya kualitas air kolam anda terjamin, ada saatnya koi anda terjangkit oleh penyakit tersendiri. Seperti makhluk hidup yang lain, stamina yang ada di badan koi begitu bergantung pada situasi keadaan di sekelilingnya. Bilamana koi alami stress, maka gampang terkena penyakit.
Lantas bagaimana jika anda temukan beberapa gejala jika ikan koi anda tengah dalam situasi sakit? Cepatlah anda lakukan suatu untuk menjaga koi anda, supaya penyakit yang menyerang tidak makin kronis serta koi anda selekasnya kembali sehat. Di bawah ini ada cara serta langkah bagaimanakah cara menjaga koi anda yang tengah sakit.

1. Metode Oral (Oral Administration)

Di tempat ini yang disebut dengan Oral Administration ialah langkah untuk menjaga koi anda supaya selekasnya pulih dari penyakitnya yakni lewat cara memberi obat-obatan yang digabung pada makanannya. Cara ini dipakai pada situasi koi tengah menanggung derita permasalahan pada kekurangan gizi atau nutrisi atau diserang oleh bakteri pemicu penyakit.
Serta beberapa obat-obatan yang dipakai memiliki kandungan kualitas nutrisi yang baik, diantaranya multi vitamin, mineral dan protein yang lain, obat sulfa, anti biotic serta obat furan. Obat-obatan itu umumnya di campur pada makanan yang berupa pasta atau staple.
2. Metode Rendam (Medicated Bath)

Cara yang satu ini memakai langkah rendam, cara itu lewat cara merendam koi saat beberapa waktu di air pada wadah spesial yang sudah digabung dengan larutan obat dengan dosis tersendiri. Langkah berikut untuk menjaga koi yang diserang beberapa jenis parasite serta bakteri tersendiri di sekujur tubuhnya. Perihal ini pula dikerjakan supaya kurangi resikonya dari penyakit yang dikarenakan oleh serangan penyakit dari pada tubuh (inside desease). Umumnya penyakit menyerang di bagian kulit serta insang koi.
3. Metode Aplikas (Applications)

Cara setelah itu yakni memakai Cara Aplikasi yang dipakai untuk meyembuhkan luka pada badan koi di bagian luar yakni pada sirip, ekor, kulit serta sisik koi. Triknya begitu gampang yakni anda cukup hanya memoleskan obat di bagian yang luka. Serta Obat yang dipakai diantaranya merchurochrome, yodium serta isojin. Pada type penyakit yang menyebabkan kulit koi berlubang (hole desease) jadi pemakaian obat langsung dioles-oleskan pada ruang di seputar luka.
4. Metode Suntik (Injections)

Cara suntik ini memakai Obat-obatan dari type sulfa serta antibiotic yang dimasukkan dalam badan koi lewat suntikan (injeksi). Ini cukuplah efisien untuk mengobati penyakit yang dikarenakan oleh bakteri serta virus. Injeksi dikerjakan di bagian dibawah sirip dada atau di belakang anus. Serta Injeksi intravena pun dikerjakan di bagian pembuluh ekor.
5. Metode Operasi (Operations)

Untuk mengusung penyakit berbentuk tumor yang ada di badan koi yakni di ruang organ reproduksi, dibutuhkan cara operasi. Sebelum dikerjakan operasi, koi itu dibius terlebih dulu. Sesudah usai di operasi, koi untuk sesaat dimasukkan dalam wadah spesial yang berisi larutan kalsium yang pekat. Aksi operasi koi cuma dikerjakan oleh yang memiliki pengalaman dalam soal ini beberapa dokter pakar bedah koi.
Demikian artikel dari kami mudah-mudahan berguna buat anda pada menjaga ikan koi anda yang sakit.

About The Author

Add Comment