Awas Rusak! Ini Cara Membersihkan Sprei Waterproof yang Baik dan Benar

Siapa yang tak tahu dengan sprei waterproof? Sprei yang memiliki sifat kedap air ini sedang digandrungi masyarakat Indonesia. Berbagai macam kelebihan yang bisa meng-cover semua kebutuhan tidur nyaman dan aman membuat orang menjatuhkan pilihan. Mungkin saat ini Anda juga termasuk pemakai sprei yang bahannya berasal dari Korea ini.

Namun perlu diketahui, sebagai sprei yang terbuat dari bahan khusus, cara membersihkan sprei waterproof berbeda dengan sprei lainnya. Kesalahan dalam membersihkan dapat menyebabkan sprei ini berkurang fungsinya dan cepat rusak. Anda tentu tidak mau sprei yang sudah dibeli dengan mahal mudah rusak begitu saja. Maka dari itu, sebaiknya Anda menyimak cara membersihkan sprei waterproof yang baik dan benar berikut ini.

cara membersihkan sprei waterproofPanduan Lengkap Membersihkan Sprei Waterproof

Berikut cara membersihkan sprei waterproof yang Anda miliki agar hasil kerjanya optimal dan lebih awet, yaitu:

  1. Perawatan harian sprei waterproof

Sebagaimana sprei pada umumnya, sprei waterproof juga harus dibersihkan setiap hari agar bebas dari bakteri maupun tungau. Langkah yang harus Anda lakukan adalah mengelap sprei dengan menggunakan kain basah, kemudian kain kering bersih. Hal yang perlu Anda perhatikan, segera lap cairan apapun (air kencing balita, susu yang tumpah, atau lainnya) yang membasahi sprei, terlebih jika cairannya dalam jumlah banyak. Jangan biarkan menggenangi sprei Anda hingga semalaman untuk menjaga kualitas bahan latex yang melapisi sprei di bagian bawah. Inilah cara membersihkan sprei waterproof setiap hari yang aman.

 

  1. Cara mencuci sprei waterproof

Meskipun sprei waterproof diklaim dapat melindungi Anda dari berbagai macam kotoran, namun Ana juga perlu mencuci sprei ini. Tujuannya agar sprei benar-benar bebas dari bakteri penyebab penyakit. Anda bisa melakukan pencucian sprei waterproof 3 minggu sekali atau lebih cepat jika sprei sering terkena kotoran. Adapun langkah mencuci sprei waterproof adalah sebagai berikut:

 

  • Hindari merendam sprei waterproof semalaman

Jika selama ini Anda merendam sprei semalaman sebelum dicuci, maka jangan lakukan cara ini pada sprei waterproof. Melakukan perendaman terlalu lama akan menurunkan fungi anti air pada sprei, bahkan jika dilakukan berulang-ulang bisa membuat sprei waterproof Anda tidak lagi kedap air.

 

  • Masukkan sprei pada air yang telah ditambahkan detergen

Cara membersihkan sprei waterproof yang aman adalah dengan mencucinya menggunakan tangan. Masukkan sprei pada air secukupnya, tambahkan detergen, dan kucek apabila ada noda yang membandel (jangan digosok terlalu keras). Anda tidak perlu menambahkan cairan pengharum atau pelembut.

 

Selanjutnya bilas busa dengan mengalirkan air bersih pada sprei waterproof dan jangan diperas. Anda tidak perlu khawatir meski tidak melakukan pemerasan, karena sifatnya yang waterproof membuat sprei ini cepat kering.Hal yang perlu Anda ingat, jangan menggunakan mesin cuci untuk membersihkan sprei waterproof, karena akan menyebabkan kerusakan.

 

  • Keringkan sprei dengan diangin-anginkan

Setelah dicuci, Anda cukup mengeringkan sprei di tempat yang berangin. Jangan menjemur sprei waterproof di dibawah sinar matahari langsung karena berpotensi merusak kain. Inilah salah satu keunggulan sprei waterproof, Anda tak perlu repot menunggu cuaca panas untuk mencucinya.

 

  • Setrika dengan suhu rendah

Selanjutnya untuk merapikan sprei, Anda bisa menyetrikanya dengan suhu rendah. Bagian yang disetrika hanya sisi atasnya saja, jangan menyetrika bagian bawah karena dapat merusak latex sprei waterproof.

Demikian cara membersihkan sprei waterproof yang baik dan benar. Sprei ini benar-benar memberikan kemudahan bagi Anda dalam hal perawatan. Selamat membersihkan sprei waterproof Anda.

 

About The Author

Add Comment